2.1.a.6 Modul 2.1 Refleksi Terbimbing
Tri Andari Setyaningrum
CGP Angkatan 4 – SMA N 7 Surakarta
Pertanyaan:
1.
Dari apa yang sudah Anda pelajari, materi apa yang
menurut Anda dapat menjadi solusi bagi permasalahan yang terkait dengan
pembelajaran di kelas Anda?
2.
Apa yang menurut Anda sulit untuk diterapkan?
Mengapa menurut Anda hal tersebut sulit diterapkan?
3.
Jika Anda harus menerapkan hal
yang sulit tersebut, dukungan Apa yang Anda perlukan? Kemana atau bagaimana
Anda akan dapat mengakses dukungan tersebut.
Jawaban :
1. 1. Pada pembelajaran di modul 2 tentang
Pembelajaran Berdiferensiasi dapat menjadi solusi dalam permasalahan yang ada
di pembelajaran. Dalam pelaksanaan pembelajaran di kelas guru akan banyak
menjumpai keanekaragaman baik dari segi karakter, kesiapan belajar, minat
belajar, gaya belajar, latar belakang, profil belajar siswa dan lain lain. Dengan
pembelajaran berdiferensiasi guru mengakomodir kebutuhan belajar siswa yang
berbeda – beda. Menurut Tomlinson (2000), Pembelajaran Berdiferensiasi adalah usaha
untuk menyesuaikan proses pembelajaran di kelas untuk memenuhi kebutuhan
belajar individu setiap murid. Pembelajaran berdiferensiasi haruslah berakar
pada pemenuhan kebutuhan belajar murid dan bagaimana guru merespon kebutuhan
belajar tersebut. Adapun strategi pembelajaran berdiferensiasi yang dapat
dilakukan guru adalah diferensiasi konten, diferensiasi proses dan diferensiasi
produk yang dihasilkan oleh siswa.
2. 2. Hal yang sulit saat menerapkan
pembelajaran berdiferensiasi adalah mengenali satu persatu kebutuhan belajar
siswa. Dengan jumlah siswa dalam kelas saya sejumlah 36 siswa dengan beraneka
ragam latar belakang dan perbedaan, maka membuat guru perlu kerja ekstra untuk
benar – benar mengenali kebutuhan belajar siswa secara mendetail. Apalagi selama
pembelajaran secara daring maka ini akan menjadi permasalahan yang real dimana
akan lebih sulit lagi memilah karena guru tidak bisa bertemu siswa secara
langsung. Oleh karena itu perlu sekali strategi yang jitu dan inovasi yang luar
biasa untuk mengenal kebutuhan belajar siswa secara spesifik.
3. 3. Dukungan yang saya perlukan adalah
dukungan dari seluruh warga sekolah, yang pertama adalah Kepala Sekolah, dengan
dukungan beliau saya akan lebih semangat dalam berinovasi dalam mengajar,
selain itu dukungan dari orang tua siswa juga sangat penting karena untuk
memastikan anak – anak nya dapat terlibat secara aktif dalam pembelajarannsehingga
guru dapat mengenali siswa dengan baik. Selain itu, saya juga harus memastikan
para orang tua agar mendampingi anak-anaknya saat saya melakukan sebuah survey
untuk mengetahui profil belajar siswa saya, memastikan semua siswa mengisi
surveynya. Untuk mendapat dukungan tersebut tentunya saya akan mengoptimalkan
grup paguyuban yang telah saya bentuk sebelumnya dan berkomunikasi melalui
whatsapp grup. Dukungan siswa juga penting karena dengan kesadaran siswa
untuk saling mengenali diri akan memudahkan bagi guru mengenal kebutuhan
belajar nya. Dukungan yang lain adalah dukungan teman sejawat yang dapat
membantu apabila ada kesulitan baik saat membuat survey, melakukan diskusi untuk
keberhasilan pembelajaran dan berkolaborasi saat pembelajaran atau saat membuat
RPP yang akan diterapkan dalam pembelajaran berdiferensiasi.
No comments:
Post a Comment