2.1.a.10.1. Jurnal Refleksi - Minggu 9
Tri Andari Setyaningrum
CGP Angkatan 4 dari SMA Negeri 7 Surakarta
1. Facts ( Peristiwa)
Kegiatan pembelajaran paket modul 2 dimulai padaa hari Senin, 7 Februari
2022 yang diawali dengan tes awal paket modul 2 sesuai dengan waktu yang sudah
ditetapkan di LMS. Kegiatan selanjutnya adalah memulai modul 2.1.A Memenuhi
kebutuhan belajar murid melalui pembelajaran berdiferensiasi tahap 2.1.a.3
Mulai dari diri – modul 2.1. pada sesi ini kita diberikan pengetahuan yang
terkait dengan pembelajaran berdiferensiasi. Selain itu pada kegiatan ini kami
diminta untuk menjawab beberapa pertanyaan yang berhubungan dengan pembelajaran
berdiferensiasi, menonton video yang berjudul sekolah hewan dan memberikan
pendapat tentang video tersebut, menuliskan pertanyaan tentang pembelajaran
berdiferensiasi. Pada tanggal 8 – 10 Februari 2022 aktivitas kami adalah
Eksplorasi konsep yang mana terdiri dari 17 halaman yang harus dibaca secara
seksama dan apabila ada yang belum paham dapat ditanyakan serta wajib menjawab
pertanyaan dan mengomentari pendapat teman CGP yang lain. Eksplorasi konsep ini
adalah merupakan dasar bagi kami untuk mengetahui apa dan bagaimana tentang
Pembelajaran Berdiferensiasi. Pada tanggal 11 Februari 2022 kami mengikuti
kegiatan di ruang kolaborasi modul 2.1 untuk berdiskusi dan bekerja sama dalam
kelompok untuk menganalisa kasus yang ada di LMS kemudian membuat Rencana
Pembelajaran berdiferensiasi. Pada tanggal 12 Februari 2022 saya mengikuti
kegiatan Lokakarya 2 di hotel SwissBelin Surakarta. Pada lokakarya 2 ini mempelajari
tentang komunis praktisi secara mendetail.
Perasaan saya dalam mempelajari hal di atas dari setiap peristiwa yang
saya lakukan saya sangat senang, Bahagia dan semangat dalam mempelajari apa dan
bagaimana pembelajarn berdiferensiasi. Mempelajari aspek kebutuhan belajar
siswa, strategi dalam pembelajaran berdiferensiasi dan lingkungan yang
mendukung pembelajaran berdiferensiasi.
Dalam modul 2 ini saya banyak menemukan hal yang menarik yang dapat saya
implementasikan dalam pembelajaran di sekolah. Selain mempelajari dan memahami
tentang aspek kebutuhan belajar siswa yang berbeda – beda, strategi yang
dilakukan dalam pembelajaran berdiferensiasi juga tentang lingkungan yang
mendukung pembelajaran berdiferensiasi. Di modul ini saya memahami bagaimana membuat RPP
pembelajaran berdiferensiasi.
Implementasi yang akan saya lakukan adalah menerapkan pembelajaran
berdiferensiasi di sekolah, menyiapkan RPP pembelajaran berdiferensiasi dan rubrik
penilaiannya sehingga akan lebih mudah memahami kebutuhan siswa yang berbeda –
beda untuk mencapai tujuan pembelajaran. Setelah mempelajari Komunitas Praktisi
secara detail saya memiliki gambaran untuk membuat komunitas praktisi di
sekolah.
No comments:
Post a Comment