Saturday, February 12, 2022

2.1.a.10.1. Jurnal Refleksi - Minggu 9 - Tri Andari Setyaningrum

 

2.1.a.10.1. Jurnal Refleksi - Minggu 9
Tri Andari Setyaningrum
CGP Angkatan 4 dari SMA Negeri 7 Surakarta


1. Facts ( Peristiwa)

Kegiatan pembelajaran paket modul 2 dimulai padaa hari Senin, 7 Februari 2022 yang diawali dengan tes awal paket modul 2 sesuai dengan waktu yang sudah ditetapkan di LMS. Kegiatan selanjutnya adalah memulai modul 2.1.A Memenuhi kebutuhan belajar murid melalui pembelajaran berdiferensiasi tahap 2.1.a.3 Mulai dari diri – modul 2.1. pada sesi ini kita diberikan pengetahuan yang terkait dengan pembelajaran berdiferensiasi. Selain itu pada kegiatan ini kami diminta untuk menjawab beberapa pertanyaan yang berhubungan dengan pembelajaran berdiferensiasi, menonton video yang berjudul sekolah hewan dan memberikan pendapat tentang video tersebut, menuliskan pertanyaan tentang pembelajaran berdiferensiasi. Pada tanggal 8 – 10 Februari 2022 aktivitas kami adalah Eksplorasi konsep yang mana terdiri dari 17 halaman yang harus dibaca secara seksama dan apabila ada yang belum paham dapat ditanyakan serta wajib menjawab pertanyaan dan mengomentari pendapat teman CGP yang lain. Eksplorasi konsep ini adalah merupakan dasar bagi kami untuk mengetahui apa dan bagaimana tentang Pembelajaran Berdiferensiasi. Pada tanggal 11 Februari 2022 kami mengikuti kegiatan di ruang kolaborasi modul 2.1 untuk berdiskusi dan bekerja sama dalam kelompok untuk menganalisa kasus yang ada di LMS kemudian membuat Rencana Pembelajaran berdiferensiasi. Pada tanggal 12 Februari 2022 saya mengikuti kegiatan Lokakarya 2 di hotel SwissBelin Surakarta. Pada lokakarya 2 ini mempelajari tentang komunis praktisi secara mendetail.

 2. Feelings (Perasaan)

Perasaan saya dalam mempelajari hal di atas dari setiap peristiwa yang saya lakukan saya sangat senang, Bahagia dan semangat dalam mempelajari apa dan bagaimana pembelajarn berdiferensiasi. Mempelajari aspek kebutuhan belajar siswa, strategi dalam pembelajaran berdiferensiasi dan lingkungan yang mendukung pembelajaran berdiferensiasi.

 3. Findings (Pembelajaran)

Dalam modul 2 ini saya banyak menemukan hal yang menarik yang dapat saya implementasikan dalam pembelajaran di sekolah. Selain mempelajari dan memahami tentang aspek kebutuhan belajar siswa yang berbeda – beda, strategi yang dilakukan dalam pembelajaran berdiferensiasi juga tentang lingkungan yang mendukung pembelajaran berdiferensiasi. Di modul ini  saya memahami bagaimana membuat RPP pembelajaran berdiferensiasi.

 4. Future (Penerapan)

Implementasi yang akan saya lakukan adalah menerapkan pembelajaran berdiferensiasi di sekolah, menyiapkan RPP pembelajaran berdiferensiasi dan rubrik penilaiannya sehingga akan lebih mudah memahami kebutuhan siswa yang berbeda – beda untuk mencapai tujuan pembelajaran. Setelah mempelajari Komunitas Praktisi secara detail saya memiliki gambaran untuk membuat komunitas praktisi di sekolah.

 

No comments:

Post a Comment

          Kode Modul Ajar   ING.E.10.1.5 Nama Penyusun/Institusi/Tahun   Tri Andari Setyan...