Friday, November 5, 2021

1.2.a.7. Demonstrasi Konstektual - Nilai dan Peran Guru Penggerak Tri Andari Setyaningrum

 

1.2.a.7. Demonstrasi Konstektual - Nilai dan Peran Guru Penggerak

Oleh

Tri Andari Setyaningrum

SMA Negeri 7 Surakarta

CGP Angkatan 4 kelas 04.093 Nomer 1552

 

  1. Guru Penggerak seperti apakah saya?
    • Guru yang mampu menjalankan tugas dan pekerjaan secara bertanggung jawab
    • Guru yang penuh semangat dan mandiri tidak tergantung dengan orang lain.
    • Guru yang humble dan senantiasa menghargai guru orang lain dan siswa seperti mereka apa adanya.
    • Guru yang cenderung memahami bahwa siswa bukanlah kertas putih yang dapat ditulisi oleh guru, namun siswa adalah bagaikan kertas putih yang sudah ada tulisan tipis dimana kita sebagai guru tinggal menebalkan dan menambahkan.
    • Guru yang kreatif dan inovatif dalam mengembangkan pembelajaran yang berpihak pada siswa sesuai dengan minat dan potensi dari masing- masing siswa.
    • Guru yang selalu meng update diri untuk terus berkembang dan meningkatkan kompetensi dan kapasitas diri.
    • Guru yang selalu dapat bercermin diri dan mengevaluasi diri tentang apa yang sudah dilakukan dan melakukan perbaikan untuk mendapatkan hasil yang terbaik.
    • Guru yang dapat berkolaborasi dengan warga sekolah baik siswa, guru lain, kepala sekolah maupun orang tua siswa untuk untuk mewujudkan pembelajaran yang mendukung profil pelajar Pancasila.
    • Guru yang selalu berpartisipasi aktif dengan komunitas guru baik disekolah maupun di luar sekolah melalui MGMP dan PGRI dan menggerakkan untuk mengadakan pelatihan-pelatihan yang bermanfaat demi kemajuan Pendidikan.
    • Guru yang selalu mendorong dan mengajak teman sejawat untuk terus berkarya di dunia Pendidikan.
  1.  Nilai-nilai apa yang saya kuasai di masa depan?

Nilai – nilai apa yang harus saya kuasai di masa depan adalah :

    • Menguasai nilai kemandirian dengan berawal melakukan perubahan dari diri sendiri dengan meningkatkan kapasitas dan potensi diri melalui pelatihan – pelatihan untuk memperbaiki kualitas pembelajaran.
    • Selalu melakukan evaluasi diri dan bercermin diri terkait dengan kompetensi dan pembelajaran yang sudah saya lakukan dan meminta umpan balik dari teman sejawat berupa saran, nasehat, tanggapan serta masukan untuk kemajuan pembelajaran dan tumbuh kembang siswa.
    • Menjadi guru yang kreatif dan inovatif tidak sekedar melakukan namun terus berkarya dan menginspirasi siswa sehingga dapat menyesuaikan karakteristik siswa dan memberikan kebermaknaan pengalaman belajar bagi siswa.
    • Menguasai nilai kolaboratif dengan bekerja sama melibatkan orang tua siswa dan komunitas sekolah untuk meningkatkan mutu sekolah dan menumbuhkan pememimpinan siswa dalam merencanakan, melaksanakan dan mengevaluasi pembelajaran yang berpihak pada siswa.
    • Menguasai untuk senantiasa melaksanakan pembelajaran yang berpihak pada siswa dengan mengembangkan minat dan potensi siswa sesuai dengan kemampuannya masing – masing serta memberikan kebebasan kepada siswa untuk mengikuti pembelajaran sesuai dengan cara dan gaya belajar mereka.
    • Mampu mengembangkan diri sendiri dan mengembangkan orang lain dengan
    • Sebagai guru penggerak saya harus dapat menjadi pemimpin pembelajaran, menggerakkan mmomunitas praktisi, menjadi coach bagi guru lain, mendorong kolaborasi antar guru serta mewujudkan kepemimpinan siswa.

  1. Mengapa nilai-nilai tersebut penting untuk saya?

Nilai – nilai dan peran sebagai seorang guru penggerak sangat penting untuk saya karena untuk mewujudkan merdeka belajar yang menitik beratkan pada  Profil Pelajar Pancasila yang tertuang pada butir – putir Pancasila. Dengan memiliki nilai Kemandirian pada diri kita akan membuat diri kita semangat dalam mengembangkan diri dan otomatis semangat itu akan menular pada orang lain. Sebagai seorang guru kita dapat merdeka menentukan model dan kegiatan pembelajaran kita tanpa intervensi dari orang lain serta kita dapat berinovasi disetiap pembelajaran yang kita lakukan. Dengan terus ber refleksi maka strategi, Teknik, metode serta media yang akan kita gunakan dalam pembelajaran akan selalu mengalami perbaikan secara terus menerus hingga mendapatkan hasil yang terbaik dari seluruh prose yang sudah dilakukan. Menjadi pribadi yang humble yang mampu berkolaborasi dengan guru, kepala sekolah, siswa dan orang tua siswa untuk membangun suasana pembelajaran yang menyenangkan dan menarik. Dengan adanyanya kerja sama yang baik maka proses pembelajaran akan berjalan dengan baik. Pembelajaran yang berpihak pada siswa sangatlah penting. Dengan kita mengenak karakter siswa satu persatu maka kita akan dapat memberikan pembelajaran yang tepat dan sesuai untuk mereka. Siswa akan berkembang sesuai dengan potensi yang mereka miliki dan sebagai seorang guru hanya menjembatani, menuntun dan mendorong siswa untuk berkembang sesuai dengan jati dirinya lebih baik.

 

No comments:

Post a Comment

          Kode Modul Ajar   ING.E.10.1.5 Nama Penyusun/Institusi/Tahun   Tri Andari Setyan...