1.2.a.6. REFLEKSI TERBIMBING
NILAI-NILAI DAN PERAN GURU PENGGERAK
Oleh
Tri Andari setyaningrum
SMA Negeri 7 Surakarta
CGP Angkatan 4 kelas 04.093 Nomor
1552
1.
Apa saja nilai diri saya? (yang terdapat pada
bagian mulai dari diri).
Nilai-nilai
yang harus dimiliki oleh seorang guru penggerak, yaitu: Mandiri, Reflektif,
Kolaboratif, Inovatif, serta Berpihak pada Murid. Nilai yang ada pada diri saya
adalah mandiri, inovatif dan reflektif. Sejak kecil saya dituntut untuk mandiri
mulai dari mencari sekolah SMP, SMA dan kuliah, bahkan saat untuk memutuskan
menikah ketika masih kuliah. Kehidupan di masa kecil yang memaksa saya untuk
hidup mandiri dan memutuskan untuk melangkah menuju masa depan. Ayah saya hanya
berpesan, hidup itu milik kita sendiri, baik dan buruk kita yang akan menuainya
kelak. Mau baik atau buruk itu pilihan, tinggal kita memilih yang mana untuk
hidup kita. Hal ini yang memotivasi saya untuk selalu berpikir dan merencanakan
apa yang akan saya lakukan. Perjalanan hidup saya mengajarkan untuk selalu
merefleksi diri, saya belajar dari pengalaman pribadi dan pengalaman orang
lain, dari setiap peristiwa yang terjadi adalah learning by doing, dengan
memaklumi setiap yang saya lakukan dan introspeksi dari dari setiap tindakan membuat
saya terus belajar dan belajar dan permasalahan yang sama belum tentu solusi
yang sama yang tepat untuk diambil. Menghadapi
setiap peristiwa dengan tersenyum dan tertawa maka Langkah menjalani hidup akan
terasa ringan. Membentuk diri dan mencintai diri kita terlebih dahulu adalah
senjata awal untuk kita dapat melangkah tegap untuk dapat mencintai orang lain,
dengan kita mencintai orang lain maka kita juga akan mudah menggerakkan orang
lain. Terbiasa mandiri dan merefleksi diri secara tidak langsung Hasrat ber
inovasi muncul, karena dengan learning by doing mencoba berbagai inovasi akhirnya
akan terperoleh bermacam macal hasil.
2.
Apa yang saya
rasakan setelah mengetahui nilai dari Guru Penggerak? Jelaskan!
Adapun nilai-nilai yang harus
dimiliki oleh seorang guru penggerak, yaitu: Mandiri, Reflektif,
Kolaboratif, Inovatif, serta Berpihak pada Murid. Dengan memiliki nilai
mandiri, reflektif dan inovatif dalam diri, maka saya yakin dan percaya bahwa menjadi
seorang guru awalnya adalah harus mencintai profesi kita sebagai guru, dengan
mencintai diri sendiri sebagai guru maka kita akan melangkah dengan Bahagia,
melakukan perubahan diri dengan inisiatif sendiri, senantiasa merefleksi diri
sendiri dan merubah tingkah laku yang baik menjadi sebuah kebiasaan.Hal ini
akan menjadikan kita sebagai guru menjadi kuat dan mampu menghadapi tantangan
pendidikan Mencoba hal-hal baru dan berkolaboratif dengan teman sejawat, kepala
sekolah dan orang tua murid menjadi perilaku yang memotivasi saya untuk
melakukan pembelajaran yang berpusat pada murid, aktif, efektif, inovatif,
kreatif, dan menyenangkan.
3.
Apa saja nilai diri Guru Penggerak yang sudah saya
miliki sekarang?
Guru penggerak
yang baik adalah yang memiliki semua nilai diri Mandiri, Reflektif,
Kolaboratif, Inovatif, serta Berpihak pada Murid. Guru yang bernilai adalah
guru yang dapat menjadi teladan bagi siswa – siswa nya. Nilai guru penggerak
yang sudah saya miliki sekarang adalah mandiri, refleksi dan inovatif. Sebagai
seorang guru saya berkewajiban untuk terus meningkatkan kapasitas diri dengan
pengembangan diri baik dari dalam maupun dari luar. Dengan mengikuti diklat
secara mandiri tanpa harus disuruh dan menjadikan sebagai suatu kebutuhan bagi
diri sendiri untuk meningkatkan kompetensi diri karena dengan diri yang terus
berkembang maka akan mudah bagi kita berbagi dengan siswa – siswa kita. Dalam satu
tahun saya membuat target berapa pelatihan dan berapa karya untuk membuat saya
terus bergerak. Berkolaborasi dengan teman sejawat untuk pengembangan
pembelajaran dan berefleksi di setiap akhir kegiatan pengajaran yang dilakukan dan
terus memperbaiki di setiap kekurangan maka akan memberikan manfaat yang besar
bagi siswa – siswa kita. Melalui inovatif yang terus dilakukan akan memudahkan
kita untuk merefleksikan apa yang sudah kita kerjakan dan menghasilkan komponen
yang tepat yang dapat kita berikan ke siswa kita. Melakukan penelitian Tindakan
kelas dengan strategi, metode atau media yang kita lakukan.
4. Diantara
nilai-nilai yang sudah saya pelajari, nilai apa yang saya rasa perlu saya
kuatkan? jelaskan!
Diantara nilai-nilai
yang sudah saya pelajari, yang harus saya kuatkan adalah nilai kolaboratid dan nilai
pembelajaran pada siswa. Pada masa pandemic covid-19, perlu sekali adanya
kolaborasi antara guru, siswa dan orang tua demi terwujudnya tujuan pembelajaran
karena dengan adanya kolaborasi yang baik makan akan menciptakan kerja sama
yang baik. Kerja sama, saling melengkapi dan memberikan kontribusi sesuai
dengan kapasitas, batasan dan ranah masing-masing maka diharapkan tercipta
kenyamanan dan semangat siswa dalam belajar walaupun hanya di rumah dan jarak
jauh, sehingga hal ini menjadi modal utama untuk mewujudkan kesuksesan bersama. Selama
ini di dalam pembelajaran masih jarang ditanyakan bagaimana pandangan anak
terkait suatu hal atau pembelajaran yang bagaimana yang diinginkan oleh anak. Pembelajaran
cenderung menganggap siswa adalah kertas kosong dan guru yang memberikan warna
dan tulisan sesuai kemauan guru. Sikap guru memaksa murid tanpa bertanya sesuai
dengan kesiapan dalam menyelesaikan tugas yang diberikan. Namun, seyogyanya
seorang guru memberi kebebasan kepada murid untuk membangun sendiri
pengetahuannya dan mengkonstruksi sendiri pemahamannya dalam materi.
5.
Apa
yang saya rasakan setelah mengetahui peran dari seorang Guru Penggerak?
Guru penggerak
mempunyai 5 peran yaitu: Menjadi pemimpin pembelajaran, Menggerakkan
Komunitas Praktisi, Menjadi Coach bagi guru lain, Mendorong kolaborasi
antar guru, Mewujudkan kepemimpinan murid. Yang saya rasakan setelah
mengetahui peran dari seorang guru Penggerak adalah merasa bersyukur, senang
dan bangga karena di beri kesempatan untuk mengetahui dan belajar serta dapat
berbagi dengan orang lain sebuah kebaikan untuk transformasi pendidikan. Selain
itu saya memiliki semangat yang kuat untuk selalu berinovasi untuk mewujudkan pembelajaran
yang berpihak pada siswa. Semakin semangat untuk terus bergerak memperbaiki
diri, meningkatkan kapasitas diri dan kompetensi diri.
6. Apa yang bisa
saya lakukan (khusus untuk diri saya) untuk menguatkan peran dan nilai Guru
Penggerak?
Yang dapat saya lakukan untuk menguatkan peran dan nilai guru penggerak adalah:
- Dengan terus meng up date pengetahuan dan wawasan baik tentang materi pembelaran, strategi atau metode pengajaran, diklat- diklat pengembangan diri dan peningkatan mutu pendidikan yang berpihak pada siswa.
- Meningkatkan komitmen untuk terus berkarya, berinovasi dan bergerak dengan membuat rancangan dalam satu tahun dan mencapai target tersebut.
- Aktif dalam kegiatan-kegiatan MGMP berkolaborasi untuk terus mengembangkan dan mencapai tujuan pendidikan.
- Aktif melakukan perubahan-perubahan dalam berinovasi dan berani mengambil resiko, membangun ruang kolaborasi dengan teman-teman guru/ rekan sejawat yang lain, memperbanyak berdikusi dan merefleksi diri agar kita mampu berinovasi, memperbanyak belajar membangun kemampuan sehingga mampu merencanakan, mengorganisasi, mengarahkan diri, memotivasi diri dan melakukan evaluasi.
7. Apa yang akan
menghambat saya dalam memperkuat peran dan nilai Guru Penggerak dalam diri
saya?
Yang akan menghambat saya dalam memperkuat peran dan nilai guru penggerak adalah kurangnya dukungan dari Kepala Sekolah dan guru- guru yang lain di sekolah serta dukungan dari orang tua siswa dalam mewujudkan merdeka belajar. Banyaknya tugas tambahan di sekolah yang sedikit nya mempengaruhi dalam membagi waktu.
No comments:
Post a Comment