Friday, November 5, 2021

1.2.a.6. REFLEKSI TERBIMBING NILAI-NILAI DAN PERAN GURU PENGGERAK

Oleh

Tri Andari setyaningrum

SMA Negeri 7 Surakarta

CGP Angkatan 4 kelas 04.093 Nomor 1552

 

1.     Apa saja nilai diri saya? (yang terdapat pada bagian mulai dari diri).

Nilai-nilai yang harus dimiliki oleh seorang guru penggerak, yaitu: Mandiri, Reflektif, Kolaboratif, Inovatif, serta Berpihak pada Murid. Nilai yang ada pada diri saya adalah mandiri, inovatif dan reflektif. Sejak kecil saya dituntut untuk mandiri mulai dari mencari sekolah SMP, SMA dan kuliah, bahkan saat untuk memutuskan menikah ketika masih kuliah. Kehidupan di masa kecil yang memaksa saya untuk hidup mandiri dan memutuskan untuk melangkah menuju masa depan. Ayah saya hanya berpesan, hidup itu milik kita sendiri, baik dan buruk kita yang akan menuainya kelak. Mau baik atau buruk itu pilihan, tinggal kita memilih yang mana untuk hidup kita. Hal ini yang memotivasi saya untuk selalu berpikir dan merencanakan apa yang akan saya lakukan. Perjalanan hidup saya mengajarkan untuk selalu merefleksi diri, saya belajar dari pengalaman pribadi dan pengalaman orang lain, dari setiap peristiwa yang terjadi adalah learning by doing, dengan memaklumi setiap yang saya lakukan dan introspeksi dari dari setiap tindakan membuat saya terus belajar dan belajar dan permasalahan yang sama belum tentu solusi yang sama  yang tepat untuk diambil. Menghadapi setiap peristiwa dengan tersenyum dan tertawa maka Langkah menjalani hidup akan terasa ringan. Membentuk diri dan mencintai diri kita terlebih dahulu adalah senjata awal untuk kita dapat melangkah tegap untuk dapat mencintai orang lain, dengan kita mencintai orang lain maka kita juga akan mudah menggerakkan orang lain. Terbiasa mandiri dan merefleksi diri secara tidak langsung Hasrat ber inovasi muncul, karena dengan learning by doing mencoba berbagai inovasi akhirnya akan terperoleh bermacam macal hasil.

 

2.     Apa yang saya rasakan setelah mengetahui nilai dari Guru Penggerak? Jelaskan!

Adapun nilai-nilai yang harus dimiliki oleh seorang guru penggerak, yaitu: Mandiri, Reflektif, Kolaboratif, Inovatif, serta Berpihak pada Murid. Dengan memiliki nilai mandiri, reflektif dan inovatif dalam diri, maka saya yakin dan percaya bahwa menjadi seorang guru awalnya adalah harus mencintai profesi kita sebagai guru, dengan mencintai diri sendiri sebagai guru maka kita akan melangkah dengan Bahagia, melakukan perubahan diri dengan inisiatif sendiri, senantiasa merefleksi diri sendiri dan merubah tingkah laku yang baik menjadi sebuah kebiasaan.Hal ini akan menjadikan kita sebagai guru menjadi kuat dan mampu menghadapi tantangan pendidikan Mencoba hal-hal baru dan berkolaboratif dengan teman sejawat, kepala sekolah dan orang tua murid menjadi perilaku yang memotivasi saya untuk melakukan pembelajaran yang berpusat pada murid, aktif, efektif, inovatif, kreatif, dan menyenangkan.

 

3.     Apa saja nilai diri Guru Penggerak yang sudah saya miliki sekarang? 

Guru penggerak yang baik adalah yang memiliki semua nilai diri Mandiri, Reflektif, Kolaboratif, Inovatif, serta Berpihak pada Murid. Guru yang bernilai adalah guru yang dapat menjadi teladan bagi siswa – siswa nya. Nilai guru penggerak yang sudah saya miliki sekarang adalah mandiri, refleksi dan inovatif. Sebagai seorang guru saya berkewajiban untuk terus meningkatkan kapasitas diri dengan pengembangan diri baik dari dalam maupun dari luar. Dengan mengikuti diklat secara mandiri tanpa harus disuruh dan menjadikan sebagai suatu kebutuhan bagi diri sendiri untuk meningkatkan kompetensi diri karena dengan diri yang terus berkembang maka akan mudah bagi kita berbagi dengan siswa – siswa kita. Dalam satu tahun saya membuat target berapa pelatihan dan berapa karya untuk membuat saya terus bergerak. Berkolaborasi dengan teman sejawat untuk pengembangan pembelajaran dan berefleksi di setiap akhir kegiatan pengajaran yang dilakukan dan terus memperbaiki di setiap kekurangan maka akan memberikan manfaat yang besar bagi siswa – siswa kita. Melalui inovatif yang terus dilakukan akan memudahkan kita untuk merefleksikan apa yang sudah kita kerjakan dan menghasilkan komponen yang tepat yang dapat kita berikan ke siswa kita. Melakukan penelitian Tindakan kelas dengan strategi, metode atau media yang kita lakukan.

 

4.   Diantara nilai-nilai yang sudah saya pelajari, nilai apa yang saya rasa perlu saya kuatkan? jelaskan!

Diantara nilai-nilai yang sudah saya pelajari, yang harus saya kuatkan adalah nilai kolaboratid dan nilai pembelajaran pada siswa. Pada masa pandemic covid-19, perlu sekali adanya kolaborasi antara guru, siswa dan orang tua demi terwujudnya tujuan pembelajaran karena dengan adanya kolaborasi yang baik makan akan menciptakan kerja sama yang baik. Kerja sama, saling melengkapi dan memberikan kontribusi sesuai dengan kapasitas, batasan dan ranah masing-masing maka diharapkan tercipta kenyamanan dan semangat siswa dalam belajar walaupun hanya di rumah dan jarak jauh, sehingga hal ini menjadi modal utama untuk mewujudkan kesuksesan bersama. Selama ini di dalam pembelajaran masih jarang ditanyakan bagaimana pandangan anak terkait suatu hal atau pembelajaran yang bagaimana yang diinginkan oleh anak. Pembelajaran cenderung menganggap siswa adalah kertas kosong dan guru yang memberikan warna dan tulisan sesuai kemauan guru. Sikap guru memaksa murid tanpa bertanya sesuai dengan kesiapan dalam menyelesaikan tugas yang diberikan. Namun, seyogyanya seorang guru memberi kebebasan  kepada murid untuk membangun sendiri pengetahuannya dan mengkonstruksi sendiri pemahamannya dalam materi.

 

5.      Apa yang saya rasakan setelah mengetahui peran dari seorang Guru Penggerak?

Guru penggerak mempunyai 5 peran yaitu: Menjadi pemimpin pembelajaran, Menggerakkan Komunitas Praktisi, Menjadi Coach bagi guru lain, Mendorong kolaborasi antar guru, Mewujudkan kepemimpinan murid. Yang saya rasakan setelah mengetahui peran dari seorang guru Penggerak adalah merasa bersyukur, senang dan bangga karena di beri kesempatan untuk mengetahui dan belajar serta dapat berbagi dengan orang lain sebuah kebaikan untuk transformasi pendidikan. Selain itu saya memiliki semangat yang kuat untuk selalu berinovasi untuk mewujudkan pembelajaran yang berpihak pada siswa. Semakin semangat untuk terus bergerak memperbaiki diri, meningkatkan kapasitas diri dan kompetensi diri.

 

6.  Apa yang bisa saya lakukan (khusus untuk diri saya) untuk menguatkan peran dan nilai Guru Penggerak?

Yang dapat saya lakukan untuk menguatkan peran dan nilai guru penggerak adalah:

  • Dengan terus meng up date pengetahuan dan wawasan baik tentang materi pembelaran, strategi atau metode pengajaran, diklat- diklat pengembangan diri dan peningkatan mutu pendidikan yang berpihak pada siswa.
  • Meningkatkan komitmen untuk terus berkarya, berinovasi dan bergerak dengan membuat rancangan dalam satu tahun dan mencapai target tersebut.
  • Aktif dalam kegiatan-kegiatan MGMP berkolaborasi untuk terus mengembangkan dan mencapai tujuan pendidikan.
  • Aktif melakukan perubahan-perubahan dalam berinovasi dan berani mengambil resiko, membangun ruang kolaborasi dengan teman-teman guru/ rekan sejawat yang lain, memperbanyak berdikusi dan merefleksi diri agar kita mampu berinovasi, memperbanyak belajar membangun kemampuan sehingga mampu merencanakan, mengorganisasi, mengarahkan diri, memotivasi diri dan melakukan evaluasi.

7.   Apa yang akan menghambat saya dalam memperkuat peran dan nilai Guru Penggerak dalam diri saya?

Yang akan menghambat saya dalam memperkuat peran dan nilai guru penggerak adalah kurangnya dukungan dari Kepala Sekolah dan guru- guru yang lain di sekolah serta dukungan dari orang tua siswa dalam mewujudkan merdeka belajar. Banyaknya tugas tambahan di sekolah yang sedikit nya mempengaruhi dalam membagi waktu.

No comments:

Post a Comment

          Kode Modul Ajar   ING.E.10.1.5 Nama Penyusun/Institusi/Tahun   Tri Andari Setyan...