Saturday, November 13, 2021

REFLEKSI JURNAL MINGGU KE EMPAT TRI ANDARI SETYANINGRUM, S.Pd.,M.Pd

 

REFLEKSI JURNAL MINGGU KE EMPAT

TRI ANDARI SETYANINGRUM, S.Pd.,M.Pd

KELAS 04.093 NOMOR 1552

 

Pada penulisan Jurnal Minggu ke empat ini saya menggunakan Model 9 yaitu Gaya Round Robin.

Selama sepekan ini saya mempelajari tentang 1.2.a.3 Mulai dari diri – Nilai dan Peran Guru Penggerak, 1.2.a.4 Eksplorasi Konsep – Nilai dan Peran Guru Penggerak, 1.2.a.4.1 Eksplorasi Konsep – Diskusi Mandiri, 1.2.a.5 Ruang Kolaborasi Nilai – Nilai dan Peran Guru Penggerak – Diskusi Mandiri, 1.2.a.5.1 Ruang Kolaborasi Nilai dan Peran Guru Penggerak – Presentasi, 1.2.a.5.2 Ruang Kolaborasi – Unggah tugas Nilai dan Peran Guru Penggerak, 1.2.a.6 Refleksi terbimbing – Nilai dan peran Guru Penggerak, 1.2.a.7 Demonstrasi Konstekstual – Nilai dan Peran Guru Penggerak.




Semua yang saya lakukan dalam sepekan ini sangat menarik, banyak sekali pengetahuan dan pengalaman saya peroleh. Terutama saat berada di ruang kolaborasi dimana Bersama dengan rekan CGP kami berdiskusi mengenai pengalaman pembelajaran di sekolah masing – masing yang berkaitan dengan Nilai – Nilai dan Peran Guru Penggerak. Hal yang sangat saya kuasai dalam minggu ini adalah tentang Profil Pelajar Pancasila, Nilai dan Peran Guru Penggerak.

Profil Pelajar Pancasila

Pelajar Pancasila merupakan pelajar sepanjang hayat yang kompeten dan mempunyai karakter sesuai nilai-nilai Pancasila. Pelajar Pancasila terbangun oleh enam dimensi, yaitu: 

  1. Beriman, bertakwa kepada Tuhan yang Maha Esa dan berakhlak mulia;
  2. Mandiri; 
  3. Bergotong-royong;
  4. Berkebinekaan global;
  5. Bernalar kritis; dan
  6. Kreatif. 

Semua dimensi ini harus dilihat sebagai satu kesatuan yang tidak terpisahkan. Jika satu dimensi tidak ada, maka profil ini akan menjadi tidak bermakna. 


 Untuk mewujudkan Profil Pelajar Pancasila, diperlukan peran guru untuk menuntun anak serta menumbuhkan berbagai karakter/nilai pelajar Pancasila. Peran guru yang pertama adalah mengenali dan menjalankan profil ini terlebih dahulu. Ketika seorang guru sudah mencoba menjalankan profil ini, maka akan lebih mudah bagi siswa untuk mengikutinya.

Peran Guru Penggerak

Terdapat 4 kompetensi guru penggerak, yaitu:

  1. mengembangkan diri dan orang lain
  2. memimpin pembelajaran
  3. memimpin manajemen sekolah
  4. memimpin pengembangan sekolah

Guru penggerak juga mempunyai peran yang merupakan ringkasan dari 4 kompetensi guru penggerak. Terdapat 5 peran guru penggerak, yaitu:

  1. Menjadi pemimpin pembelajaran: Guru Penggerak diharapkan dapat berperan sebagai pemimpin yang berorientasi pada siswa, dengan memperhatikan segenap aspek pembelajaran yang mendukung tumbuh-kembang siswa.
  2. Menggerakkan Komunitas Praktisi: Seorang Guru Penggerak harus berpartisipasi aktif dalam membuat komunitas belajar bagi para rekan guru, baik di sekolah maupun di wilayahnya.
  3. Menjadi Coach bagi guru lain terkait pengembangan pembelajaran di sekolah: Seorang Guru Penggerak harus mampu mendeteksi aspek-aspek yang dapat ditingkatkan dari rekan sejawatnya, mampu merefleksikan hasil pengalamannya sendiri serta guru lain untuk dijadikan poin peningkatan untuk pembelajaran, dan dapat memantau perkembangan dari rekan guru lain tersebut.
  4. Mendorong kolaborasi antar guru: seorang guru penggerak membuka ruang diskusi positif dan kolaborasi antara guru dan pemangku kepentingan di dalam dan di luar sekolah untuk meningkatkan kualitas pembelajaran.
  5. Mewujudkan kepemimpinan murid: Seorang guru pengerak membantu para siswa untuk mandiri dalam belajar, mampu memunculkan motivasi siswa untuk belajar, dan mendidik karakter siswa di sekolah.

Nilai-Nilai Guru Penggerak

Adapun nilai-nilai yang harus dimiliki oleh seorang guru penggerak, yaitu: Mandiri, Reflektif, Kolaboratif, Inovatif, serta Berpihak pada Murid.

1. Mandiri

Mandiri berarti seorang Guru Penggerak  selalu dapat mendorong dirinya sendiri untuk melakukan aksi serta mengambil tanggung jawab atas segala hal yang terjadi pada dirinya.

Guru Penggerak yang mandiri, artinya guru tersebut dapat memunculkan motivasi dalam dirinya sendiri untuk membuat perubahan baik untuk lingkungan sekitarnya ataupun pada dirinya sendiri. Seorang guru penggerak termotivasi untuk mengembangkan dirinya tanpa menunggu pelatihan atau ditugaskan oleh dinas atau sekolah.

Ada 2 hal yang dapat dilakukan untuk menguatkan nilai mandiri pada guru penggerak, yaitu:

  • Menentukan tujuan perubahan yang ingin dicapai dan dampak dari pencapaian tersebut
  • Merayakan keberhasilan dari setiap capaian, sehingga termotivasi untuk mencapai tujuan berikutnya.

2. Reflektif

Reflektif artinya seorang Guru Penggerak selalu dapat merefleksikan dan memaknai pengalaman yang terjadi di sekelilingnya, baik yang terjadi pada dirinya sendiri maupun pihak lain. 

Seorang Guru Penggerak yang mempunyai nilai reflektif mau membuka diri terhadap pengalaman yang baru dilaluinya, kemudian melakukan evaluasi terhadap hal yang sudah baik, serta hal yang perlu dikembangkan.

 

Profil Pelajar Pancasila, Nilai dan Peran Guru Penggerak sangat saya kuasai karena materi ini sangat menarik dan penting untuk di terapkan di sekolah saya mengajar. Dan sebenarnya seorang guru wajib memiliki nilai – nilai mandiri, reflektif, inovatif, kolaboratif dan berpihak pada murid serta menjalankan perannya sebagai pemimpin pembelajaran, menggerakkan komunitas praktisi, berkolaborasi antar guru, melakukan coach dengan guru lain dan mewujudkan kepemimpinan murid. Dengan guru memiliki nilai dan melakukan perannya maka profil pelajar Pancasila akan terwujud dan otomatis akan meningkatkan kualitas karakter dan pembelajaran.

Hal yang belum terlalu saya kuasai adalah mendorong kolaborasi antar guru. Jujur saya agak kesulitan saat mengajak kerja sama dengan guru lain baik dalam berbagi mengenai metode pengajaran atau membahas tentang kemajuan siswa. Hal yang saya lakukan akhirnya adalah saling berdiskusi dengan guru guru MGPM di sekolah saya tentang materi, soal dan Teknik pembelajaran.

Hal yang masih membingungkan bagi saya dalam pembelajaran kali ini adalah bagaimana mendorong berkolaborasi dengan rekan sejawat di sekolah saya untuk mewujudkan pembelajaran yang bertujuan pada Profil Pelajar Pancasila

 

No comments:

Post a Comment

          Kode Modul Ajar   ING.E.10.1.5 Nama Penyusun/Institusi/Tahun   Tri Andari Setyan...