Sunday, November 28, 2021

 

Jurnal Refleksi Minggu ke-6, Model 4F

Tri Andari Setyaningrum

CGP Angkatan 4.,04.093.1552

Jurnal ke 6 ini saya menggunakan model 4F.

Facts (Peristiwa)

 Kegiatan pada minggu ke-6 ini di awali dengan kegiatan  Eksplorasi Konsep secara mandiri. Ketika pembelajaran ini, CGP diajak untuk mengeksplorasi paradigma yang disebut Inkuiri Apresiatif (IA). IA dikenal sebagai pendekatan manajemen perubahan yang kolaboratif dan berbasis kekuatan. Konsep IA ini pertama kali dikembangkan oleh David Cooperrider (Noble & McGrath, 2016). Pendekatan IA memiliki daya dorong yang sangat luar biasa untuj menggali impian individu masing -masing dan komunitas dan mentranformasikan melalui tindakan, yaitu visi yang diimpikan. CGP mempelajari IA lebih dalam sebagai salah satu model manajemen perubahan di sekolah dan mencoba menerapkannya melalui tahapan BAGJA (Buat Pertanyaan, Ambil Pelajaran, Gali Mimpi, Jabarkan Rencana, Atur Eksekusi).

Setelah eksplorasi konsep secara mandiri, kegiatan dilanjutkan  berdiskusi dalam LMS tentang bagaimana Mengelola Perubahan Positif dalam melakukan langkah-langkah kecil mewujudkan visi murid impian yang telah dibahas pada pembelajaran sebelumnya. Pada kegiatan ini CGP saling memberikan komentar atau tanggapan terhadap pendapat CGP lain melalui LMS.

Pada hari ketiga saya berdiskusi dengan bimbingan fasilitator mengenai pemetaan kekuatan yang dimiliki untuk mewujudkan visi murid impian. CGP dibagi menjadi beberapa kelompok, dimana setiap kelompok membuat materi tentang pemetaan setiap aset/kekuatan yang dimiliki baik dari dalam maupun di luar diri. Presentasi dilakukan pada hari keempat. Setiap kelompok mempresentasikan hasil diskusinya, ada yang bertugas sebagai moderator, notulen, presenter, penanya dan masing -masing CGP saling bertukar ide, saling melengkapi dan menyempurnakan sehingga menjadi pemetaan kekuatan yang hebat. Dan setiap anggota juga menampilkan hasil pemikirannya tentang aset/kekuatan yang dimiliki, peran serta manfaat dari masing-masing aset tersebut dalam bentuk gallery walk.disini teman - teman CGP saling memberi komentar. Hasil diskusi maupun pemetaan kekuatan masing-masing anggota kelompok kemudian dikirim ke galeri walk dalam bentuk JPG.

Hari kelima dilanjutkan kembali dengan refleksi terbimbing asinkron. Setiap CGP diminta untuk mengungkapkan kembali hal apa yang didapatkan selama berdiskusi tentang peta kekuatan, termasuk semua kendala serta hal apa yang masih perlu diperbaiki lagi dalam upaya pemetaan kekuatan. Seperti peristiwa apa yang ada pada saat diskusi, perasaan apa yang muncul saat proses pembelajaran, pembelajaran apa yang diperoleh melalui peta kekuatan dan strategi apa yang digunakan untuk melakukan perubahan.

Saya merasa sangat senang saat harus menggali semua aset kekuatan yang dimiliki. Mengetahui ternyata begitu banyak faktor yang bisa saya gali keberadaannya dan perannya dalam mendukung usaha saya mewujudkan visi siswa impian.

 

Feeling (Perasaan)

Selama kegiatan berlangsung saya dapat merasakan semangat yang ada dalam dada dan tak pernah putus untuk terus memberikan yang terbaik. Setiap modul dan setiap tahapan selalu menampilkan materi yang baru bagi saya, yang belum saya pernah baca sebelumnya. Itu membuat saya benar-benar merasa sangat tertarik untuk selalu membaca setiap wacana dan menonton setiap video yang ditayangkan, sejak awal hingga tuntas dengan detail.

Saat mengetahui bahwa ternyata begitu banyak aset yang saya miliki dengan masing-masing kekuatan serta perannya yang siap mendukung upaya dalam mewujudkan impian saya tentang murid di masa depan, rasanya seperti mendapatkan sebuah kekuatan baru. Saya harus mampu memanfaatkan dan menjalin kerja sama dengan semua aset ini. Baik itu pihak yang berada di dalam sekolah, di lingkungan sekitar sekoolah (orang tua dan masyarakat), maupun dengan pihak instansi terkait.

Finding (Pembelajaran)

Pada akhir minggu ini kami di ajak untuk membuat demonstrasi kontekstual tentang pemetaan kekuatan dari tempat sekolah dimana kita mengabdi. Banyak hal yang dapat saya peroleh dari pembelajaran sebelumnya dan dari diskusi Bersama teman sesame CGP, karena kita saling mengisi, bertukar informasi, melengkapi untuk mewujudkan pemetaak kekuatan dalam mencapai merdeka belajar.

Demikian refleksi jurnal ke 6 saya susun, semoga bermanfaat.

No comments:

Post a Comment

          Kode Modul Ajar   ING.E.10.1.5 Nama Penyusun/Institusi/Tahun   Tri Andari Setyan...